KENAPA FLASHDISK 4 GB TERBACA 3,72 GB ?? . INI DIA JAWABANYA

Mungkin kalian bingung ketika membeli flashdisk berkapasitas 4GB, kenapa kok yang bisa kepake ga sampai 4 GB, tapi cuman 3,72 GB yang bisa kepake. terus sisa 0,28 GB nya kemana??  lumayan tuh 280 MB buat naro lagu  apalagi buat naro pilem2 3gp

Tulisannya sih 4GB


Ternyata setelah di cek





Jawaban;
Saat agan-agan membeli flashdisk berkapasitas 4 GB, sebenarnya kapasitasnya bukanlah 4GB namun 4.000.000.000 Byte (tidak semua, lihat di bungkus/wadahnya)

ada yang perlu agan ketahui bahwa dalam dunia komputer

8 bits = 1 Byte
1024 Bytes = 1 KiloByte
1024 KiloBytes = 1 MegaByte
1024 MegaBytes = 1 GigaByte
1024 GigaBytes = 1 TeraByte

asal usul 1KB = 1024 Bytes

itungan di komputer makenya bilangan biner gan. jadi bukan 10^3= 1000, tapi 2^10 (2x2x2x2x2x2x2x2x2x2) yang jadinya 1024

jadi 1 KB = 2^10 Byte = 1024 Byte

Sekarang coba kita hitung 4.000.000.000 Byte itu berapa GB.

4.000.000.000 : 1024 = 3906250 KB
3906250:1024 = 3814 MB
3814:1024 = 3,724 GB

bandingin ama gambar ini nih





sama kan hasilnya..Nah sekarang agan mengerti kan mengapa hal diatas bisa terjadi.  Begitu juga dengan Harddisk yang Berkapasitas 500GB 500.000.000.000 : 1024 : 1024 : 1024 = 465,7 GB
berarti dalam hardisk berkapasitas 500 GB yang bisa dipakai hanyalah 465,7 GB.

Previous
Next Post »

Komentar kamu sangat di butuhkan untuk memotivate saya untuk terus mengembangkan blog sederhana saya ini :) ConversionConversion EmoticonEmoticon